Tanah Airku !


Aku telah banyak melupakan mu.
Aku telah lalai menjunjung tinggi harkat dan martabat mu.

Maafkan aku !
Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai

Tanah air ku .
Indonesia ku .

Terlupakan lah oleh ku betapa luar biasanya dirimu.
Terkenang sepanjang bakti pahlawan, kepada mu.

Maafkan aku !

Aku telah banyak melupakan mu.
Aku telah lalai menjunjung tinggi harkat dan martabat mu.

Maafkan aku !

Aku begitu mudah melupakan semua sejarah mu .

Aku menangis !

Airmata ku terluap dan meleleh hanya dengan mengingat kesalahan ku !

Walaupun banyak negri kujalani
Yang masyhur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Di sanalah kurasa senang
Tanahku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

Aku merasa seperti orang paling bodoh bagi tanah airku .
Lupa akan segala harkat martabat yang pernah di perjuangkan.

Aku malu akan diriku sendiri .

Aku malu , aku adalah seorang yang tak bisa menghargai nilai nilai kalian.
Aku malu , dengan mudahnya aku melupakan perjuangan kalian!

Bagaimana aku melupakan tanah yang ku pijak ini.
Melupakan dimana aku berdiri saat ini.
Dimana tanah airku yang kucintai ini.
Mendapat ludah dari aku sendiri.

Tak ada yang lebih busuk dari bangsa yang melupakan jasa pahlawan untuk tanah air ini.
Berperang , pertumpahan darah dan kematian sini sana.
Kemudian melupakan begitu saja.

INDONESIA . KU CINTA !

TANAH AIRKU by Muh Ridwan

Reccomended Article - Hujan ? Entahlah

53 komentar:

  1. Merdekaaaaaa.... Puisinya, lumayan, karena aku ga bisa bikin, :))

    BalasHapus
  2. iya :( tapi kini negeri kita sudah tak seindah dulu -__- banyak penjahat di negeri kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman dulu pun tidak bisa menjamin jika tidak ada penjahat seperti sekarang ini :(

      Hapus
    2. iya negeri kita sudah dikotori pemimpin yang tidak amanah . kebudayaan yang di plagiatkan .
      pengakuan ilegal dan lain sebagainya. :(

      Hapus
    3. hihi . turut prihatin juga sama negeri kita sendiri :'(

      Hapus
  3. merah utih selalu dihati ,....... salam kenal sob

    BalasHapus
  4. Hidup Indonesia!!
    Banyak memang orang yang ngaku cinta Indonesia. Tapi coba liat, apa yang bisa mereka berikan kepada negeri ini?
    Nihil kan?
    Perpecahan dimana mana.
    *upss malah pidato

    BalasHapus
  5. Banyak pengakuan tapi tak ada apresiasi.
    Yes.. !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya harus apa ? ikut berperang memperjuangkan bangsa indonesia yang besar ini ? membawa senjata, membunuh penjajah ?

      Saya juga sadar . sebagai pelajar , kita harus banyak belajar . berprestasi dan membawa nama baik nama bangsa ini .
      Itu juga termasuk apresiasi :)

      Hapus
  6. tanah airku.. dikotori oleh tikus pecinta uang dan pemakan sesama...

    BalasHapus
  7. patriotik banget tulisannya.
    sebagai remaja penerus bangsa seharusnya kita lebih pandai melihat yang mana yang baik yang mana yang buruk, buat kita sendiri, bagus lagi kalo sampai buat orang lain.

    Sehancur-hancurnya negeri ini gue tetep optimis bahwa Indonesia itu akan berubah menjaid bangsa yang maju ga cuma berkembang doang dari dulu. Masih banyak yang bisa dibanggain dinegeri ini, prestasi salah satunya, sayang media kurang melek, malah sering kita disodorkan sama pemberitaan yang miring tentang polemik negeri sendiri.

    BalasHapus
  8. semoga bukan slogan semata kawan.. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya instrospeksi bang . komentar ini sepertinya mirip sama punya Bocah Saico di atas :)

      Hapus
    2. Maaf, komentar itu bukan ungkapan sinis, tapi saya lebih suka menyebutnya harapan... agar apa yang kita ucapkan sejalan dengan langkah kita. jadi, bukan hanya sekedar ucapan... :)

      Hapus
    3. Saya pun berharap .
      Agar saya bisa berguna bagi tanah air ini .
      Kebaikan itu bukannya berawal dari pengakuan bersalah ya ?
      Setelah kita mengakui kesalahan , kemudian mereka belajar dari apa yang mereka akui sebagai kesalahan itu sendiri :)

      Hapus
  9. Tetap semangat buat mertahanin negara ini untuk tetap berharkat dan bermartabat :D

    BalasHapus
  10. INDONESIA....
    negara besar yang sedang terkapar...mari bangkitkan Indonesia..perbaiki moral bangsa dan rakyat serta pejabat...

    BalasHapus
  11. merdeka!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  12. aku cinta tanah air. tapi tidak cinta koruptor yang menyuburkan tanah air ini.

    BalasHapus
  13. hmmm... coba aku bisa menikmati puisi, pasti bisa memahami puisi ini. tapi sayangnya aku bukan tipe penikmat musik. jd susah nikmatinnya. :(

    BalasHapus
  14. salut!

    ah, nak. *sokjadiibu.

    kamu terlalu muda untuk mengenal rasa malu, dan meminta maap. semestinya bapak-bapak, yang suka tidur waktu sidang soal rakyat, di gedung DPR sana yang lebih dulu mengenal rasa malu dan meminta maap untuk ibu pertiwi ini.

    BalasHapus
  15. tapi aku tetap suka indonesia biar apa pun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suka Indonesia liburan ke Indonesia :D

      Ke Pulau Lombok yo ... di sana indah lo ... sekalian buat nasi goreng karna banyak lomboknya hehe ... :D

      Hapus
  16. lagu ini memgingatkan aku saat 17 agustus
    bikin semangat kita berapi-api mengingat perjuangan para pahlawan
    aku cinta Indonesia!!!

    BalasHapus
  17. Lagu itu bikin semangat kebangsaan meluap2,
    Tapi syang, ga pernah kedengeran lagi kecuali pas 17 agustus.
    GImana caranya mo bkin orang Indonesia cinta negeri sendiri??

    BalasHapus
  18. Sekarang orang orang indonesia kalo nyanyiin lagu, lagunya lagu pop terus. Jarang banget nyanyiin lagu kayak tanah airku. Kalo aku sih di kelas suka nyanyiin lagu tanah airku #malahcurcol

    Indonesie sebenernya itu indah, cuma ada noda gara gara para koruptor.

    BalasHapus
  19. kata2nya udah puitis, enak dibaca tp langsung kaget ada kata bngst. coba diganti dengan kata lain bang :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat dg yoga..
      puisinya enak.. nyentuh... tapi coba deh kata bangs*tnya di ganti... pasti lebih 'WAH' hehehe

      saran aja yah :)

      Hapus
    2. Mohon maaf sebelum nya , saya berkata sarkas . jujur , itu dari kata hati saya sendiri . sangking muaknya sama kelakuan sendiri :)

      Hapus
  20. Waw nice post kak
    terus berkarya ya
    aku tunggu artikel selanjut nya
    dan oh ya berkunjung juga ya sesekali ke my blog..
    ok!
    :)

    BalasHapus
  21. rasa nasionalis kami gersang akibat hantaman budaya barat...!

    BalasHapus
  22. bener kata bang yogha di atas. sebaik nya di ralat menjadi bodoh atau sebagainya saja..
    "dari sabang sampai merauke berjajar pulau-pulau. sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia. Indonesia tanah airku. aku berjanji padamu. menjunjung tanah airku, tanah airku Indonesia"

    BalasHapus
  23. Ini lagu favorit saya :')

    Menjujung tinggi indonesia untuk lebih baik dan maju. Pemuda indonesia harus bisa mencintai indonesia baik dalam maupun luar meskipun masih banyak kekurangan di Indonesia.

    Jadilah anak indonesia yang kreatif, mandiri, dan menjunjung nilai-nilai dan norma yang ada di Indonesia itu merupakan ikut berkonstribusi demi kemajuan Indonesia (@,@)9

    BalasHapus
  24. meskipun pulau nya brpisah pisah.. tapi indonesia tetap SATU ,, tanah airku

    BalasHapus
  25. MANTAP !!

    GUE BANGGA JADI ANAK INDO !!
    gak semua orang bisa membanggakan negeri ini. termasuk gue, tapi mencoba untuk menjaga dan melestarikan budaya d sekitar kita, itu sudah termasuk hal positif untuk negeri tercinta ini.

    semoga indonesia semakin maju nanti.nya. AMIN. (respect)

    BalasHapus
  26. baiklah, maafnya diterima :P, sekarang... ayo lakukan sesuatu, walaupun kecil tapi bernilai untuk bangsa hehehhe

    BalasHapus
  27. dah aku fllw sob,, fllw back yeh,..

    BalasHapus
  28. Ini nih calon penerus bangsa :D Pusisinya bagus!

    BalasHapus
  29. wah benar-benar luar biasa, sambil denger lagunya kok saya jadi merinding gne ya.
    jadi membara semangat nasionalismenya ini :)

    BalasHapus
  30. ada calon pengganti chairil anwar nih :D LANJUTKAN, KAMU LUAR BIASA

    BalasHapus
  31. beh sastrawan murni tingkat dunia ini, salam kenal dari anak asuh blogger energi

    BalasHapus
  32. mungkin aku lah orang yang paling durhaka ama indonesia. nggak ada cinta-cintanya. apalagi soal musik dan film. oh indonesia. maafkan aku.
    thanks postingan ini menyadarkanku

    BalasHapus
  33. -_- Biarkan mereka yang ngatur ini negri yang sudah tidak bisa di atur.
    Haha

    BalasHapus
  34. Tanah air kuwwww...

    Bangkit lach speti taon 45, dan jaya lach sepanjang hidup..

    BalasHapus
  35. kereen,,
    emang butuh aplikasi nii klo bener2 cinta tanah air,, hehe

    BalasHapus
  36. Semangat 45 nya tetep berkobar :)
    Puisinya keren, gue merinding bacanya heheh

    BalasHapus
  37. Puisi lu keren... Gaya bahasanya aduh...
    Jadi ceritanya elu intropeksi diri gitu kan yak? Baca puisi lo bagian ' Dimana tanah airku yang kucintai ini. Mendapat ludah dari aku sendiri.' entah nggak tau kenapa gue ngerasa kayak gimana gitu :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kamu ngerasa gimana ? :|

      Hapus
  38. Nasionalis...
    :)
    saya suka,,,,,

    BalasHapus
  39. Bener-bener ya...kalau bikin post berkualitas banget :) *belajar*
    Lanjutkan! wkw...
    Btw, makasih yaaa ucapannya :D

    http://febiola-febby.blogspot.com/

    BalasHapus
  40. MERDEKA,.


    hahhaa.,
    salam kenal gan,.

    BalasHapus